Langsung ke konten utama

Manfaat dan bahaya sosial media

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh....
Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam untuk semuanya.

komunikasi semakin hari semakin pesat. Keberadaan internet benar-benar membuat akses informasi dan komunikasi semakin cepat dan mudah.

Di antara perkembangan paling mutakhir adalah apa yang dikenal dengan “Jejaring Sosial” atau “Media Sosial” (Medsos). Belakangan ini, medsos benar-benar mewarnai kehidupan umat manusia di dunia, menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Tak terkecuali kaum muslimin. Sebut saja, Facebook, Twitter, Youtube, WhatsApp, Telegram dan sebagainya merupakan aplikasi medsos paling ngetrend hampir-hampir tak pernah absen di gadget setiap orang. Layanan SMS dan telepon tidak lagi menjadi layanan utama dalam berkomunikasi.

CIRI UTAMA MEDIA SOSIAL

    Manfaat sosial media saat ini tidak dapat terpisahkan dengan kehidupan sehari hari. Saat ini sosial media sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Tua Muda, Pria Wanita, Bos Besar sampai Office Boy pun sepertinya sudah mengenal dan mengetahui tentang sosial media. Perkembangan teknologi informasi yang pesat merupakan salah satu penyebab boomingnya sosial media. Para web developer pun kini berlomba-lomba untuk mengembangkan berbagai sosial media yang dapat dinikmati oleh segala kalangan. Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan masih banyak lagi.

    Sebenarnya, apa untungnya sih menggunakan sosial media? Kok bisa sampai berjuta-juta orang senang menggunakan sosial media? Yuk kita tengok beberapa manfaat dari sosial mediadilihat dari berbagai bidang.

1. Sosial Media Untuk Bersosialisasi


sosial mediaManfaat sosial media tentu sesuai namanya yaitu untuk bersosialisasi. Namanya saja sudah sosial media, sudah jelas dong fungsi utamanya adalah sebagai media untuk bersosialisasi antar individu.

Mau mengobrol dengan teman yang rumahnya jauh tanpa harus bertemu? Sosial media membantu para penggunanya untuk bersosialisasi dengan orang lain.

    Sosialisasi ini dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa batas waktu dan ruang, tapi terbatas pada koneksi, sinyal, dan kuota internet. Hehehe. Hal inilah tujuan utama dari sosial media, dan sukses menyedot banyak pengguna yang ingin bersosialisasi dan berkomunikasi dengan kerabatnya.

2. Sosial media sebagai sarana Dakwah


Dakwah merupakan amal yang agung dan mulia dalam Islam. Allah berfirman,
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru (berdakwah) kepada Allah, mengerjakan amal yang shalih, dan berkata, ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?’.”
(Fushilat : 33)

Apabila para penyeru kepada kekufuran, kebatilan,  dan kesesatan menggunakan berbagai media tak terhitung banyaknya,  baik berupa majalah, koran, tabloid, buletin, radio, televisi, termasuk juga melalui jaringan internet dengan segala bentuk fasilitas dan medianya.

Maka, para penyeru kebenaran wajib memperbanyak media-media mereka dengan beragam bentuk yang telah disebutkan. Bahkan suara para penyeru kebenaran harus  lebih tinggi dan lebih lantang. Semakin tinggi dan lantang suara mereka, maka akan semakin besar pengaruhnya dengan izin Allah.

Berapa banyak dari umat ini yang berada dalam kesesatan karena tidak sampai kepada mereka dakwah Islam yang benar. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang belum mengenal Islam dalam bentuk yang sebenarnya. Di antara sebabnya adalah lemahnya semangat dan upaya para da’i (penyeru) dalam menggunakan berbagai media yang dibenarkan secara syar’i di medan dakwah.

3. MENYEBARKAN ILMU DAN MEMBELA AL-HAQ

Tidak diragukan, bahwa menyebarkan ilmu syari’at/ilmu agama merupakan salah satu amalan paling utama. Al-Imam al-Mujahid Abdullah bin al-Mubarak (w. 181 H) mengatakan, “Setelah tugas kenabian aku tidak tahu ada derajat yang lebih utama dibandingkan menyebarkan ilmu.” (Tahdzibul Kamal 16/20).

Maka para pengusung dan pembela al-Haq (kebenaran), terutama orang-orang yang berilmu, harus giat dan bersemangat dalam menyebarkan ilmu agama. Jangan sampai para pengusung dan pembela kebatilan malah lebih giat daripada pembela al-Haq.

Salah satu bentuk penyebaran ilmu yang paling luas dan efektif adalah melalui media sosial. Maka jangan biarkan media-media tersebut dimanfaatkan dan dipenuhi oleh para penjaja kemaksiatan atau agen-agen kesesatan.
Sosial Media Untuk Menambah pengetahuan.
》Pernah mendengar istilah kultwit? Ya, ini merupakan metode pemberian materi ilmu pengetahuan yang bersifat mendidik di dalam sosial media twitter. Kultwit ini biasanya berisi materi tentang ilmu pengetahuan yang sifatnya popular, atau berisi tentang tutorial dalam melakukan sesuatu, seperti cara memasak, cara membuat kerajinan tangan, dan sebagainya.

4. Sosial Media Menggantikan Fungsi Buku Diary



Generasi 80-90an pasti sudah gak asing lagi dengan buku diary. Yap, buku ini biasanya berisi curhatan-curhatan dari si pemilik tentang perasaannya. Bisa berisi curhatan sedih, curhatan jatuh cinta, atau curhatan yang menyenangkan. Nah, saat ini fungsi diary sudah hampir punah, dan dapat digantikan oleh sosial media. Bukan rahasia lagi kalau banyak pengguna sosial media yang menulis curhatan-curhatan mereka, seperti mengeluh, sedih, jatuh cinta dan saat bahagia. Karena mudah dalam menggunakannya, maka sosial media pun sering menjadi tempat penggunanya untuk curhat.

5. Sosial Media dapat mempertemukan Teman Lama.


Masih ada hubungannya dengan bersosialisasi, sosial media terkadang bisa membawa kita untuk bertemu teman lama, teman masa kecil, partner bisnis yang lost contact, bahkan bisa bertemu dengan saudara kandung yang terpisah lama. Ada beberapa kejadian, dimana dua orang saudara kembar yang hidupnya terpisah sangat jauh dan tidak saling mengenal, malah akhirnya bisa bertemu di dalam sosial media. Atau ada juga kejadian ketika kita melihat nama yang cukup familiar dan pernah kita kenal, dan ternyata itu adalah teman anda di masa kecil! Senang sekali bukan? Bisa bertemu dengan teman lama berkat sosial media.

6. Sosial Media Menemukan teman baru


Ini salah satu manfaat sosial media yang sangat menarik. Dari hasil bermain di sosial media, anda bisa mendapatkan teman-teman baru yang mungkin cocok dengan anda. Teman-teman baru ini bisa saja diperoleh dari hasil iseng-iseng dalam menggunakan sosial media. Bukankah menyenangkan bisa mendapatkan teman baru, dan menambah tali silaturahmi?

7. Sebagai media penghibur

Apakah anda sedang galau dan pusing dengan hidup, atau pekerjaan anda? luangkanlah waktu sejenak untuk bermain-main di sosial media. Anda dapat menemukan berbagai hal menarik yang menghibur. Mulai dari cerita-cerita lucu, gambar-gambar lucu, ataupun kutipan kutipan menarik yang dapat membuat anda rileks dan bisa melupakan galau dan pusing sejenak. Apabila anda sedang suntuk, anda juga dapat mencari berbagai hal menarik yang dapat menghibur anda di sosial media.

8. Penyaluran Hobi


Anda memiliki sebuah hobi, namun bingung untuk menyalurkannya? Atau tidak tahu dimana mencari orang-orang dengan hobi yang sama seperti anda? jangan khawatir, sosial media punya jawabannya. Ada banyak grup dan akun dari sosial media yang menjadi tempat berkumpulnya para pengguna dengan minat dan hobi yang sejenis. Ada komunitas kendaraan bermotor, komunitas hobi unik, komunitas kolektor, komunitas supporter, komunitas pencinta music, dan bahkan ada pula komunitas karyawan dengan jenis pekerjaan yang sama. Dalam komunitas ini, para pengguna sosial media dapat saling berbagi pengalaman, tips, dan banyak hal mengenai hobi dan kesamaan minat mereka.

9. Memberikan Berbagai Macam Informasi ter-update


Jalanan ini macet loh. Atau ada kecelakaan di depan kantor. Nah, informasi-informasi ini bisa kita temui dengan sangat mudah di dalam sosial media. Pengguna sosial media pun cukup terbantu dengan informasi-informasi seperti ini.

Selain itu, informasi ter-update, seperti berita terbaru, gossip, dan informasi lain seperti lowongan pekerjaan, informasi jual beli kendaraan, dan informasi lainnya pun dapat dengan mudah kita temui di sosial media. Hal ini sangat membantu para penggunanya dalam beraktivitas dan menjalani hari-hari.

10. Sosial Media Untuk Meminta Bantuan


Pengguna sosial media sangatlah banyak. Jumlahnya ratusan juta. Dan cukup lebih beberapa ratus atau beberapa puluh ribu penggunanya berdomisili di sekitar anda. Hal ini bisa dimanfaatkan anda dalam meminta bantuan. Contohnya adalah ketika kendaraan anda mogok di daerah tertentu, anda bisa meminta bantuan pada kerabat atau pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda.

Atau ketika hewan peliharaan anda hilang, anda dapat meminta bantuan dari pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda dalam menemukan hewan kesayangan anda.

11. Sosial Media Untuk Mencari Uang

Nah, ini merupakan manfaat sosial media yang sedang ramai-ramainya dinikmati oleh penggunanya. Mencari uang. Bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mempromosikan usaha anda di sosial media. Buatlah iklan ada semenarik mungkin agar banyak calon pembeli yang tertarik. Selain itu, anda juga bisa menjual barang yang akan anda jual di sosial media. Cukup berikan foto dari barang yang anda jual, maka pengguna lain akan membeli dagangan anda.

Tidak adanya pajak yang dipungut dari promosi dan marketing pada sosial media membuat para pengguna sosial media dapat mencari uang dengan leluasa dengan menggunakan sosial media. Hanya bermodalkan sosial media dan teknik marketing yang baik, maka pembeli pun akan datang dengan sendirinya.

Ya, itulah manfaat sosial media di berbagai bidang. Bagaimana? Apakah anda sudah merasakannya? Atau masih mengeksplorasi berbagai fitur dari sosial media? Sosial media adalah suatu sistem yang akan terus berkembang. Maka dari ke-10 manfaat diatas hanyalah manfaat yang rata-rata bisa dirasakan oleh penggunanya saat ini. Ada kemungkinan nanti akan muncul fitur baru dalam sosial media yang akan menambah jumlah manfaat yang bisa di dapatkan dari sosial media.



BAHAYA MEDIA SOSIAL

Dibalik layanan yang mudah dan cepat, serta banyak manfaat yang bisa diraih dengannya, media sosial juga menyimpan banyak bahaya yang sangaaat besar.

Facebook, Twitter, Youtube, WhatsApp, Telegram, dan jejaring sosial lainnya ternyata juga berpotensi besar dalam menghancurkan akidah dan moral para pemakainya, terutama dari kalangan generasi muda. berapa banyak rumah tangga menjadi berantakan, anak gadis terengut kehormatannya, bahkan seorang da'i menjadi tergelincir gara-gara jejaring sosial/medsos...!

Berikut beberapa kerusakan akibat media sosial :

1.      Ajang tersebarnya propoganda kebatilan
Akses yang sangat cepat dan mudah di medsos/jejaring sosial, membuat berbagai kerusakan dan kebatilan juga tersebar dengan cepat. Ajakan-ajakan kepada kemaksiatan, misalnya berupa gambar-gambar yang membuka aurat, dll dengan mudah di-shere atau dicopas di medsos. Demikian juga kaum komunis, kaum syi'ah, atau kaumteroris (ISIS/al-Qaeda) menggunakan medsos sebagai media propoganda untuk mempengaruhi generasi muda kaum muslimin.

Berapa banyak anak yang baik akhirnya tersesat menjadi teroris, nekat melakukan bunuh diri, atau tiba-tiba ikut kegiatan huseiniyyah-nya Syiah dan fanatik berat kepada khomeini, atau tiba-tiba berpola pikir ke"kiri-kiri"an alias komunnis, ternyata karena termakan propoganda di medsos..! Maka waspadalah wahai para pemuda dan orang tua. 

2.      Lupa beribadah
Karena terlalu asyik dengan medsos, banyak dari para penggunanya yang lupa atau terlambat shalat berjama’ah di masjid, semakin jarang membaca al-Qur’an, dan sebagainya.

3.      Pergaulan Bebas tanpa Batas
Dunia medsos merupakan dunia internet, yang berarti dunia tanpa batas. Di medsos seseorang bisa berjumpa dengan siapa saja. Apa jadinya pengguna medsos yang minim bekal iman dan bekal ilmu mana kala bertemu dengan lawan jenisnya, atau bahkan berteman akrab dengan seorang yang beda agama dengannya..?

Banyak kasus terjadi anak gadis dibawa pacarnya yang bermula dari pertemanan di dunia maya (internet), bahkan terenggut kehormatannya..! Subhanallah... sangat miris mendengarnya.

4.      Merusak Rumah Tangga
Suami sibuk dengan gadged-nya, si istri bisa berjam-jam asyik dengan WhatsApp atau Facebook-nya. Anak-anak pun juga demikian. Apa jadinya rumah tangga yang seperti ini..?
Terlalu banyak kasus perselingkuhan dan perceraian terjadi, bermmula dari atau gara-gara medsos..?

5.      Bermunculan Admin-admin tak dikenal
Dengan maraknya group-group di WhatsApp, banyak orang-orang tedak dikenal tampil menjadi admin group. Atau dia diposisikan sebagai ustadz yang mengerti masalah-masalah agama atau mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Padahal salah satu prinsip penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana  ucapan al-Imam Muhammad bin Sirin, “sesungguhnya ilmu itu adalah agama, maka perhatikanlah dari manaa kalian mengambil agama kalian.” (Muqadimah Shahih Muslim)

SANGAT BERBAHAYA BAGI  ANAK-ANAK REMAJA

Mengingat berbagai keruakan terjaadi akibat media sosial, maka media sosial sangat berbahaya bagi pemakainya, terutama anak anak remaja.

Di antara langkah bijak yang sangat tepat ditempuh oleh beberapa lembaga pendidikan, yaitu melarang secara total anak didiknya menggunakan media sosial. Bahkan juga mengatur denngan ketat masalah telepon dan SMS walaupun menggunakan handphone edisi lama. Ini merupakan langkah yang patut didukung.

RENUNGAN BAGI ORANG TUA DAN PARA PENDIDIK

Hendaknya para orang tua dan para pendidik menyadari bahwa medsos dapat menggerus eksistensi iman, takwa, dan keshalihan putra-putri/anak-anak didik anda. Media sosial siap mengantarkan seseorang menjelajahi bebagai penjuru dunia dalam kondisi badannya berada berada dikamarnya.

Di dunia maya ini dia bisa brtemu dengan siapa saja – entah itu orang baik atau orang jelek, mendengar, melihat, dan membaca apa saja. Mempersilahkan setiap orang menjadi temannya, atau diahendah berteman dengan setiap orang.

Bila di dunia nyata seorang ayah/ibu/pendidik bisa ketat mengawasi pergaulan putra-putri/anak-anak didiknya, maka dia bisa kebobolan dalam mengawasi mereka di dunia maya ini.

 Ini Tips Menggunakan Sosial Media..!

Manfaat sosial media memang sangat besar dalam kehidupan, namun penggunaannya harus bijaksana agar tidak mencelakakan diri anda sendiri. Manfaat internet saat ini harus kita kontrol sebaik-baiknya.

·         Tidak menyebarkan berbagai data yang terlalu pribadi, contoh foto panas, pamer kekayaan

·         Tidak menghujat orang lain

·         Tidak menggunakannya seharian

·         Bijak menggunakan sosial media seperlunya.

Manfaat dunia maya terkadang membuat orang menjadi bablas mengeluarkan pendapatnya yang mungkin berbahaya karena melanggar UU-ITE, pastikan anda secara bijak menggunakannya.

jikalau ada yang salah mohon di koreksi, karena kebenaran hanya milik "الله"
*jika artikel ini bermanfaat mohon di share ya

Komentar

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin media sosial, ternyata ada fakta menarik loh yang jarang terungkap ke permukaan. Katanya, media sosial itu bisa bikin seseorang jadi boros. Selengkapnya bisa temen-temen cek di sini: Media sosial bikin boros

    BalasHapus

Posting Komentar

Jika ada kesalahan, mohon agar diluruskan
Jika ada kritik/saran, silahkan diajukan

Harap tinggalkan Jejak dengan nmenyertakan apresiasi maupun komentar dan saran anda yang membangun. Agar memberi motivasi bagi kami dalam menegakkan syiar Islam, In Syaa Allah.

Barakallah, syukron telah berkunjung

Postingan populer dari blog ini

Matan Hadits Arba'in pdf dan mp3 terbaru

﷽  Alhamdulillahi Rabbil 'Alamiin, Allahumma Sholli 'ala Nabiyyina Muhammad ﷺ wa 'ala alihi wa Ashabihi Ajma'in, amma ba'du.  Kali ini adalah bagi bagi E-book Hadits Arba'in An Nawawi cetakan Pustaka Ibnu 'Umar..  Tambahan, mp3 hadits juga tersedia, nomor hadits, tema, matan, serta perawinya.., (kami telah menyusunnya berdasarkan campuran beberapa file mp3 yg beredar) tafadhol Berikut adalah pdf Matan Hadits Arba'in An-Nawawi cetakan Ibnu Umar, Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari beberapa hadits tersebut File ini hanya berisi hadist, matan, dan sanadnya, namun kata pengantar dari penulis tidak disediakan, karena itu kami meminta maaf dan izin kepada pihak pustaka ibnu umar karena telah menbagikan pdf ini dalam keadaan ini. Baarakallahu fiik Klik untuk mengunduh  pdf Klik untuk download Mp3 hadits ke-1 (Niat) ,untuk percobaan Klik untuk download file zip mp3 42 hadits lengkap

Metode menghafal Al-Qur’an 10 menit per-halaman bersama ust. Ahmad Jazee Hafizhahullah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ Assalamualaikum sahabat muslim Kali ini kami ingin membagikan metode menghafal Al-Qur’an 10 menit per-halaman bersama ust. Ahmad Jazee Hafizhahullah. “Metodeini terinspirasi dari Syekh Thoha Al-Misri sekitar tahun 2013 ketika saya menjadi penerjemahnya. Kemudian metode ini saya kembangkan menjadi menghafal mudah 10 menit perhalaman,” kata Founder Ibda Arabic Academi ini. Telah banyak tertimoni yang disampaikan langsung kepada ust. Ahmad Jaaze setelah dilakukan seminar 10 menit perhalaman ini. Penasaran dengan metode menghafal Qur’an 10 menit perhalaman? Berikut penulis uraikan metode yang dikembangkan oleh pemilik Sanad Qiro’ah Sab’ah Syekh Musa Jibou ini. Persiapan Psikologis Kita seringkali di dokrin oleh diri sendiri bahwa menghafal Qur’an itu susah. Pada tahap ini kita akan menghapus doktrin negatif tersebut dan menggantinya dengan doktrin positif saya bisa menghafal Qur’an. Tidak ada yang mampu membatasi diri kita, kecual

MK Civic Education - STID M NATSIR

Pendidikan Kewarganegaraan atau Civic Education adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Materi-materi yang tercakup dalam PKn meliputi pemahaman tentang nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, tugas-tugas sebagai warga negara, serta pemahaman tentang sejarah dan struktur pemerintahan negara. 1. Maksud dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi: Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang tugas-tugas dan tanggung jawab sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya adalah mengembangkan sikap kritis, analitis berpikir, serta kepedulian terhadap masalah-masalah sosial dan politik. 2. Pancasila sebagai Falsafah Negara: Pancasila adalah dasar ideologi dan falsafah negara Indonesia. Ia terdiri dari lima sila yang mencakup nilai-nilai seperti keadilan